Andy's Page

Rabu, 03 Oktober 2012

Makalah Pengantar Teknologi Informasi (Cooling Pad)

Pengertian Cooling Pad
Cooling Pad adalah perangkat pendingin yang terdiri dari sebuah tatakan yang disesuaikan dengan ukuran monitor dan berisi 1 sampai 3 fan system. Dengan harga yang semakin terjangkau, dan beragam merk yang beredar di pasaran membuat cooling pad menjadi salah satu produk yang digemari masyarakat.

Penggalan Sejaraah Cooling Pad
Penemu dan perancang pertama cooling pad ini adalah Rakesh Bhatia. Orang yang berkebangsaan India ini merancang untuk Intel Corporation dan mengajukan paten pada tanggal 8 Januari 1999.

Macam Cooling Pad

1. Active Cooler
Pendingin aktif adalah perangkat yang menggunakan kipas kecil untuk menghasilkan aliran udara tambahan ke seluruh tubuh dari laptop. Ini membantu konnveksi panas jauh dari perangkat. Bantalan pendingin banyak mendukung penggunaan power adapter meskipun mereka biasanya melalui salah satu port USB laptop.


2. Passive Cooler
Bantalan ini ditempatkan dibawah laptop aktif yang terbuat dari bahan-menghamburkan panas dari komputer. Bantalan tersebut tidak memerlukan sumber listrik luar. Posisi pendingin berdiri dan agak miring ke atas yang untuk menciptakan antara bagian bawah laptop dan permukaan dudukan.
Passive Cooler

3. Multi-surface Cooler
Ini jenis pendingin pasif yang memungkinkan aliran udara lebih baik antara dasar laptop dan pangkal pendingin serta antara pangkal pendingin dengan pangkuan pengguna. Pendingin laptop ini cocok untuk laptop yang memiliki ventilasi pada alasnya. 
Multi-surface Cooler
 
4. Multipurpose Cooler
Kemajuan terbaru telah dibawa ke depan pendingin yang serbaguna. Fitur termasuk pembaca kartu untuk berbagai bentuk media seperti keydrives, kartu memori, dan 2,5 "Laptop hard disk drive. Selain pendingin di atas yang merupakan kombinasi dari meja kerja mini dengan tambahan yang nyaman untuk pengguna yang ingin menggunakan laptop di tempat tidur atau sofa.

 


Multipurpose Cooler
 
Fungsi Cooling Pad
Fungsi Cooling Pad adalah untuk menstabilkan laptop saat beristirahat di pangkuan, bagian atas meja atau permukaan kerja lainnya. Juga menjaga laptop dari overheating sementara itu beroperasi.
 
Kelebihan Cooling Pad
1. Laptop bisa lebih dingin, tetapi hanya bagian yang terkena kipas saja.
2. Laptop lebih terlihat elegan kalau memakai Cooling Pad yang ada lampunya.
 
Kekurangan Cooling Pad
1. Baterai laptop cepat habis.
2. Colokan USB jadi berkurang.
3. Tas jadi tambah berat jika kemana-mana membawa Cooling Pad.
4.Perhatikan sirkulasi udara di laptop. Jika sirkulasi udaranya ada dibawah laptop, maka sirkulasi udaranya akan terganggu.

Cara Memilih Cooling Pad
1. Perhatikan ventilasi laptop. Cooling Pad harus disesuaikan dengan ventilasi yang ada di laptop.
2. Periksa spot yang panas pada laptop. Biasanya spot yang panas berada dibagian mesin. Jadi, usahakan Cooling Pad mampu menjangkau bagian tersebut.
3. Perhatikan jenis atau bahan Cooling Pad.




Disusun oleh :
Andy Yasri (310112022071)
M. Taufikurrahman (310112022068)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar